Jogjaku Nyaman

Tugu Jogja
Kamu mungkin udah pada tahu kali ya, kenapa kota jadi tempat favorit untuk ditempati. Itu dia, semua yang dibutuhkan selalu ada! Selama punya banyak duit dan kenalan, kamu gak bakalan pernah mati, Bro. Pendidikan? Ada. Hiburan? Bauanyak banget. Spiritual? Banyak juga. Yang begituan? Apalagi, Bro.
Ya, kota emang menyenangkan. Jalan-jalan udah muluuus. Sinyal kuat. Tata ruangnya dijaga rapi, kecuali daerah marginal. Sebut aja Jakarta, Surabaya, Semarang, Makassar, Bandung, Jogja. Sayangnya, ada banyak juga hal memilukan ada di kota (sebagian malah memalukan). Pulusinya itu lho, Bro. Macet. Banjir. Sosialnya kurang. Bandingin coba sama di desa. Weehhh, dijamin kamu gak bakalan pernah mau balik ke kota. Apalagi kalo kamu ketemu sama kembang desa. Beehh. #JanganDidengerin
Tapi untuk kota terakhir masih punya poin lebih yang enggak dimiliki kota lain: nyaman. Ya. Kota Jogja baru-baru ini menerima penghargaan (kali ya) sebagai kota ternyaman se Indonesia. Entahlah nyamannya itu gimana, saya nggak (mau) ngeri, ya kamu gugling aja deh kalo penasaran.
Menurut saya sih Jogja emang beda jauh sama tempat-tempat yang udah pernah saya tinggalin. Enggak sekedar saya kunjungin lho. Jogja tuh, tenang, damai, alamnya indah, luar biasa deh.
Mau bukti? Coba gih kamu itung berapa jumlah perguruan tinggi yang ada di Jogja. Belum termasuk sekolah, lembaga pendidikan lain. Itu satu. Trus kamu itung berapa banyak komunitas-komunitas di Jogja. Saya yakin kamu bakal keteteran ngitungnya. Mulai dari seni, otomotif, hobi, olahraga, hewan peliharaan, traveling, cyber, pecinta lingkungan, trus apalagi, banyak deh. Kamu itung berapa banyak tempat hiburan di jogja, gunungnya, museumnya, situs peninggalannya, pantainya. Kamu itungin aja berapa kadar polusi di Jogja ini. Kamu bandingan dah ama kota lain. Dan yang paling buanget menurut saya, orang-orangnya, Brooo. Gila, ramah abis dah.
Saya pernah ya. Pas pertama kali nyampa Jogja saya nyasar, nggak kenal siapa-siapa. Kamu bayangin deh, Bro. Tahu kan apa yang bakal dilakuin orang yang tersesat? Iya, Tanya sana-sini. Nah, di tengah kenyasaran saya, saya mampir di angkringan pinggir jalan. Tahu angkringan gak kamu? Bagus deh. Di situ saya dikasi tahu banyak hal soal Jogja. Bahkan, saya ditraktir makan di situ. Udah gitu, cara ngomongnya enak ditelinga, biarpun waktu itu saya nggak paham betul bahasa jawa. Gila abis tuh orang. Sumpah, kalo ketemu lagi pengen saya peluk, saya cium (tangannya), ngobrol sana-sini lagi, sama ngasi ucapan terimakasih atau apa lah gitu sebagai apalah juga gitu.

Tapi, di manapun kamu menginjakkan kaki, enggak selamanya kaki kamu ngerasa nyaman. Ada kalanya kamu kesemutan, digigit nyamuk, digertak orang, kecapean. Ya gitu juga ama kota ini. Bias lah kamu kira-kira persiapan yang kudu kamu bawa sebelum masuk Jogja. Iyo ra, Dab?

0 comments:

Post a Comment